Rabu, 25 Juli 2012

Rahasia Buah Kurma


Oppss.. TEM...


Mungkin Tau Manisan yang berkaitan dengan puasa, Pada saat kita berbuka ada satu buah yang bisa jadi selalu tersedia di meja makan sebagai menu pertama yang disantap saat beduk magrib. Yups…itulah buah kurma. Ternyata buah kurma ini mengandung banyak manfaat lho…yuk kita selidiki rahasia di balik buah kurma.
Menurut Dr. Endang Peddyawati,MS,SpGK yang merupakan doktor spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, Jakarta, mengungkapkan bahwa kurma mengandung karbohidrat, protein, lemak tumbuhan, vitamin, mineral, serat, vitamin A,C, B Kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat. Selain itu buah kurma juga diperkaya dengan aneka mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor,selenium, magnesium, natrium, cobalt, dan zink.


Dengan banyaknya kandungan unsur-unsur yang terdapat dalam kurma maka tak salah jika kita sebut buah ini sebagai buah yang kaya manfaat.


1.Manfaat pertama adalah sebagai serat terbaik untuk usus.
Kandungan serat larut air yang dimiliki kurma jauh lebih besar daripada mangga, pisang,dan buah lainnya. Sehingga dengan adanya serat ini pencernaan TEM akan lancar.


2.Manfaat kedua adalah kandungan mineralnya sebagai pencegah kanker otak dan rematik.
    Kandungan mineralnya seperti fluor sangat baik untuk melindungi gigi, selenium untuk meningkatkan sistem imun, boron untuk mencegah kanker otak serta rematik.


3.Manfaat ketiga adalah memenuhi kebutuhan energi.
    Jika TEM makan kurma 100 gram dapat memenuhi kecukupan energy harian sebanyak 12-15%.


4.Manfaat keempat adalah antioksidan-nya mencegah kanker.
    Zat-zat fitokimia yang dikandung kurma bertindak sebagai antioksidan yang membantu pembentukan radikal bebas di tubuh penyebab berbagai penyakit seperti jantung dan penyakit degeneratif.


5.Manfaat kelima adalah kandungan lysine-nya membantu perkembangan otot.
    Kurma mengandung banyak protein yang lebih tinggi dari buah-buah segar lainya. Kandungan lysine di dalam kurma ditemukan hampir 2000 kali lipat dibandingkan apel dan pisang. Serta 5000 kali lipat dibandingkan dengan jeruk. Lysine inilah yang membantu perkembangan sel otot. Biar otot TEM jadi kuat.


    Tapi walaupun banyak mengandung manfaat, bukan berarti TEM bisa makan kurma dengan berlebihan ya. Makan kurma secara berlebihan akan mengakibatkan timbunan gula gula yang berlebih yang bisa menjadi lemak serta kurangnya zat gizi yang penting.


Yuk…penuhi kebutuhan tubuh dengan makanan bergizi agar kita tetap sehat, karena dengan menjadi sehat berarti kita telah menghargai hidup kita sendiri.


Sumber : http://warnawanita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar